6 Tempat Wisata di Semarang Yang Populer

Jawa Tengah memang selalu menjadi tujuan wisata dari banyak orang. Apalagi ada banyak kota yang bisa anda singgahi untuk menghabiskan waktu liburan. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Semarang. Kota ini memang menghadirkan berbagai tempat wisata menarik dan unik. Ada banyak tempat yang bisa menjadi destinasi wisata dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Anda bisa menikmati berbagai bangunan bersejarah hingga wisata alam yang indah

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Semarang yang populer untuk sekedar berlibur atau mengambil foto. Semakin lama waktu libur yang anda rencanakan di Semarang tentu saja akan semakin banyak tempat yang bisa anda kunjungi. Jangan khawatir karena di Semarang juga terdapat beberapa penginapan atau hotel yang dekat dengan objek wisata tertentu. Prasarana jalan juga cukup baik sehingga bisa mendukung liburan anda.

Berikut ini ada 6 tempat wisata di Semarang yang populer yang bisa anda kunjungi selama waktu libur, seperti:

  1. Mengenal bangunan Lawang Sewubangunan Lawang Sewu

Ini adalah salah satu dari daftar tempat wisata di Semarang yang populer. Tempat ini wajib anda kunjungi selama berlibur di Semarang. Sebagian orang menganggap bahwa Lawang Sewu menjadi ikon bangunan bersejarah. Desain arsitektur bangunan ini masih tetap dipertahankan dengan gaya kolonial yang memiliki banyak pintu dan jendela. Bahkan, sisi hostoris dari bangunan ini juga sangat mengesankan. Sayangnya, beberapa orang sudah memiliki pemahaman bahwa bangunan ini hanya memiliki cerita mistis saja.

Arsitektur Lawang Sewu yang menarik ini memang disesuaikan dengan kondisi suhu udara Semarang pada saat itu. Apalagi gedung ini juga dijadikan sebagai kantor administrasi pada jaman penjajahan. Lokasi tempat wisata ini berada di Komplek Tugu Muda yang ada di jalan Pemuda. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini harus membayar tiket masuk 10 ribu untuk dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak.

  1. Mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata di Semarang yang populer lainnya adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat peribadatan bagi sebagian masyarakat lokal sekitar. Namun, ada juga pengunjung yang datang ke kelenteng ini hanya sekedar untuk melihat arsitektur bangunan yang sangat menarik. Apalagi Kelenteng Sam Poo Kong memiliki nilai historis yang menarik. Tempat ini dianggap sebagai persinggahan pertama dari laksamana muslim asal Tiongkok yaitu Cheng Ho. Arsitektur dari sebagian sisi bangunan ini juga masih memiliki karakter dari beberapa aksen Tiongkok. Hal ini yang membuat anda merasa berada di Tiongkok saat masuk ke dalam kawasan Kelenteng.

Ukuran dari seluruh kawasan dan bangunan ini cukup luas. Anda bisa mendapatkan banyak spot menarik untuk dijadikan sebagia background foto. Namun, sebaiknya anda mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh pengelola. Lokasi Kelenteng ini berada di Jalan Simongan, Semarang. Anda tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalam Kelenteng.

  1. Piknik di Taman Pandanaran

Rekomendasi lain dari tempat wisata di Semarang yang populer adalah Taman Pandanaran. Kota Semarang yang menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Tengah juga memiliki ikon taman yang mengesankan. Apalagi suasana di taman ini juga menyenangkan sehingga anda bisa berkunjung bersama keluarga atau kerabat meskipun hanya sekedar untuk rehat sejenak. Salah satu spot menarik yang ada di taman ini adalah Patung Warak Ngendog. Patung ini sering dijadikan sebagai objek atau background bagi para pengunjung.

Pengelola taman ini semakin memanjakan para pengunjung dengan memberikan dekorasi melalui beberapa tanaman dan tempat duduk. Apalagi taman ini sering dikunjungi pada pagi dan sore hari. Selain itu, pengelola juga menyediakan internet gratis bagi para pengunjung yang ingin mengerjakan sesuatu sambil menikmati suasana taman. Lokasi taman ini berada di Jalan Pandanaran.

  1. Mengunjungi Kota Lama Semarang

Tempat wisata di Semarang yang populer ini sering dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi konsep dari kota ini hampir mirip dengan Kota Tua yang ada di Jakarta. Ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi saat berada di kawasan Kota Lama Semarang. Arsitektur bangunan yang tampil dengan konsep klasik sering dijadikan sebagai background foto. Bahkan, beberapa orang juga menjadikan Kota Lama sebagai tempat untuk melakukan pengambilan gambar acara tertentu.

Ada beberapa bangunan klasik yang terdapat di kawasan Kota Lama ini. Beberapa diantaranya yaitu Gereja Blenduk, pabrik rokok yang memproduksi Praoe Lajar, Polder Air Tawang dan bangunan lainnya. Kondisi bangunan dari Kota Lama itu juga masih dijaga hingga kini. Pemerintah setempat juga melakukan renovasi di beberapa bagian kota untuk menjaga keasliannya. Lokasi tempat ini ada di Semarang bagian utara, tepatnya di Jln. Letjen Suprapto.

  1. Tamasya ke Pagoda Avalokitesvara

Rekomendasi destinasi liburan yang bisa anda kunjungi saat berada di Semarang adalah Pagoda Avalokitesvara. Anda harus tahu bahwa pagoda ini termasuk yang tertinggi di Indonesia. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi tempat ini. Ukuran tinggi dari pagoda ini mencapai 45 meter dari permukaan tanah. Beberapa orang sering menyebut pagoda ini sebagai Pagoda Dewi Kwan Im. Hal ini dikarenakan saat anda memasuki kawasan pagoda ini terdapat patung Dewi Kwan Im.

Interior dari pagoda ini sangat megah. Saat memasuki bagian interior dari pagoda ini terdapat patung Bodhisattva Avalokitesvara dengan ukuran besar. Selain menjadi tempat berlibur, kadang-kadang umat Buddha juga mengadakan ritual seperti Tjiam Shi. Ritual seperti ini juga anda ketahui dari beberapa adegan di film. Umat Buddha mengambil wadah yang berisi bambu kemudian digoyang hingga salah satu bambu itu jatuh. Pagoda ini berada di Pudakpayung, tepatnya di jalan Perintis Kemerdekaan.

  1. Wisata religi di Masjid Agung Jawa TengahMasjid Agung Jawa Tengah

Anda bisa melengkapi wisata religi di Semarang dengan mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid besar ini juga termasuk salah satu tempat populer yang ada di kota Semarang. Arsitektur yang sangat indah memiliki nilai filosofi yang mengesankan. Apalagi kawasan Masjid ini juga sangat luas hingga mencapai 10 hektar. Beberapa pengamat arsitektur menganggap bahwa desain bangunan dari Masjid Agung Jawa Tengah merupakan perbaduan nilai karakter Jawa dengan Yunani. Hal ini bisa anda lihat dari beberapa ornamen dengan karakter menarik di beberapa sudut dari masjid itu.

Bagi para umat muslim yang ingin menunaikan ibadah sholat juga akan merasakan suasana yang sangat sejuk. Hal ini dikarenakan masjid ini memang dirancang dengan sirkulasi udara terbaik. Selain itu, eksterior dari Masjid Agung ini juga sangat mewah. Di bagian depan terdapat 6 buah payung besar ergonomis yang bisa dibuka atau ditutup secara otomatis. Payung ini berfungsi sebagai pelindung bila ada kegiatan besar dilakukan di Masjid Agung ini. Masjid ini berada di Kelurahan Sambirejo, tepatnya di jln Gajah Raya.

edora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *