Apa Yang Anda Ketahui Tentang Baju Renang Muslimah?

Apa Yang Anda Ketahui Tentang Baju Renang MuslimahUntuk anda para wanita cantik muslimah, tak perlu kawatir lagi jika menginginkan untuk berenang ditempat umum dan merasa takut aurat terbuka karena baju renangnya. Sedangkan ada beberapa kolam renang umum, yang mengharuskan pada pengunjung mengenakan pakaian renang. Saat ini sudah tersedia banyak pilihan baju renang muslimah yang modelnya bisa anda pilih sesuai selera. Dan pastinya baju renang tersebut aman karena menutupi semua bagian aurat wanita dari ujung rambut sampai kaki.

Baju renang untuk para muslimah ini sudah masuk di dunia fashion ini pada beberapa tahun terakhir, dan hasil penjualannya pun melonjak tinggi. Ternyata banyak kostumer yang memang menginginkan model baju renang yang muslimah seperti ini. Bagaimana cara memilih baju renang yang baik untuk para muslimah ? Apa saja bahan-bahan yang digunakan ? Serta pilihan model apa saja yang ditawarkan, semua akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini. Simak beberapa uraian dibawah.

Inspirasi Model Baju Renang Untuk Para Wanita Muslimah

Yang pertama akan dibahas adalah tentang pilihan model dan motif baju renang muslimah tidak ketat, yang bisa menjadi rekomendasi untuk anda. Model baju renang dibawah ini tentunya akan menutupi semua bagian aurat pada wanita. Unik atau tidaknya baju renang, tergantung dari pilihan motif dan modelnya. Anda bisa tetap tampil stylish jika memilih salah satu model baju renang dibawah ini. Simak beberapa uraian dibawah ini :

  1. Polos Bergradasi

Untuk anda para wanita yang tidak begitu menyukai model baju renang yang terlalu banyak model serta motif, maka pilihan baju renang polos bergradasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda para wanita muslimah. Gabungan warna yang agak kalem seperti pink muda dan coklat muda bisa memberikan kesan stylish pada pakaian renang anda. Pilihan gradasi ini dirasa tepat untuk menggantikan motif pada baju renang anda.

Bisa dikombinasikan dengan celana yang tidak ketat, yang warnanya sepadan dengan warna bajunya. Serta gunakan ciput ninja hijab tipis yang bahannya sama dengan celana dan bajunya. Usahakan untuk memilih bahan yang elastis agar ruang gerak anda leluasa pada saat berenang.

  1. Baju Renang Muslimah Modern Motif Berlubang

Yang kedua, yaitu baju renang dengan motif bunga yang hanya ditempatkan dibagian tengah baju saja. Pilihan motif baju renang yang satu ini sangat cocok untuk anda para wanita muslimah yang ingin tampil feminism dengan adanya motif bunga, namun tidak ingin terlihat heboh. Motif bunga yang diletakkan ditengah itu hanya sebagai aksen motif pemanis saja.

Anda bisa mix motif bunga tersebut dengan warna hitam untuk lebih terlihat menyamarkan bentuk lekuk tubuh anda. Karena salah satu ketentuan dalam islam untuk para wanita yaitu dilarang memakai pakaian renang yang memperlihatkan bentuk lekuk tubuhnya. Model pakaian renang wanita yang satu ini bisa anda jadikan inspirasi yang bagus.

  1. Motif Payet Di Bagian Baju Depan

Ada beberapa kalangan wanita yang tidak puas jika hanya tampil dengan akses motif bunga atau gradasi saja. Model baju yang satu ini mungkin cocok untuk anda para wanita muslimah yang ingin memiliki baju renang dengan kesan yang mewah. Baju renang ini didesain dengan aksen hiasan payet pada bagian depan, dan akan membuat baju renang anda terlihat lebih glamour.

Anda bisa pilih model baju renang yang berwarna hitam, atau warna-warna gelap dengan hiasan payet yang berwarna ke emasan atau ungu. Tentunya desain baju renang untuk wanita muslimah yang satu ini jika dipakai memberikan kesan stylish dan glamour.

  1. Motif Bunga

Inspirasi model dan desain baju renang wanita dewasa untuk para muslimah yang selanjutnya adalah, baju dengan diberi motif bunga. Perlu anda ketahui, motif bunga pada baju renang itu ada banyak, ada yang motif bunga mawar, motif semi bunga dan masih banyak yang lain lagi. Untuk anda wanita muslimah yang mempunyai badan kurus, bisa menjadikan baju renang motif bunga ini sebagai pilihan terbaik anda.

Pasalnya motif bunga akan menyamarkan bentuk tubuh anda yang kurus menjadi lebih terlihat berisi. Namun sebaliknya, jika tubuh anda berisi, jangan sesekali memilih baju renang bermotif bunga, akan menjadikan badan anda terlihat lebih padat. Desain baju renang yang satu ini juga akan memberikan kesan santai dan memberikan efek segar pada anda yang memakainya. Apalagi jika anda renang di pantai, tentunya motif ini akan sangat cocok dan pas digunakan.

  1. Baju Renang Aksen Pita Simple

Tentunya jika anda mempunyai keinginan untuk memiliki baju renang polos tetapi tidak ingin terlihat datar dan tetap menonjolkan sisi manis jika digunakan, maka inspirasi desain baju renang dengan diberi aksen pita ini merupakan sebuah solusi untuk anda. Anda bisa memodifikasi baju renang polos dengan memberinya aksen pita pada bagian leher, tentunya tidak akan membuat desain baju renang anda terlihat datar.

Selain itu anda juga bisa menambahkan aksen motif minoritas pada bagian ujung baju. Bisa ditambahkan motif bunga, polkadot, batik atau motif lainnya. Desain baju renang yang satu ini, dijamin akan membuat penampilan anda tetap manis meski hanya ada aksen pita dan motif pada bagian ujung baju. Padu padankan warna baju, celana dan hijab, untuk warna yang senada agar lebih menarik dan tidak terkesan berlebihan.

  1. Motif Animal Print

Sebenarnya produsen baju renang kini sudah banyak mendesain berbagai motif untuk menuruti selera dan keinginan para konsumen. Dan setiap orang-orang pastinya memiliki selera nya masing-masing. Untuk anda yang tertarik dengan desain baju renang muslimah atasan sampe bawahan motif animal print, anda bisa dapatkan di beberapa store atau online shop. Motif yang satu ini, akan memberikan kesan ramai pada anda yang menggunakan.

Namun ada saja konsumen yang menyukai motif yang satu ini. Memang memiliki kesan yang beda dibanding dengan beberapa motif diatas. Contoh motif animal print yang satu ini yaitu mirip seperti kulit harimau. Mungkin desain baju renang yang satu ini, cocok untuk anda yang senang mengkoleksi baju renang unik namun tetap muslimah.

  1. Motif Polkadot

Biasanya baju renang dengan motif polkadot banyak digunakan untuk desain baju renang anak-anak. Memiliki kesan yang ceria pada saat digunakan, serta ada banyak pilihan warna. Anda bisa memilih motif polkadot putih dengan warna baju renangnya yang berwarna biru muda. Salah satu pilihan warna dan mitif yang cocok.

Namun motif baju renang yang satu ini, jangan digunakan untuk anda yang bertubuh gemuk, pasalnya akan membuat tubuh anda semakin terlihat bulat dan padat. Hindari motif baju renang yang terlalu ramai, dan sebaiknya pilih yang polos saja untuk cari aman. Jika anda sudah memilih baju renang anak perempuan maupun dewasa muslimah motif polkadot, maka jangan pilih hijabnya yang motif polkadot juga. Akan menimbulkan kesan berlebihan. Sebaiknya mix hijab polos dengan baju renang polkadot tersebut.

  1. Baju Renang Motif Batik

Saat ini tidak hanya baju kemeja atau dress saja yang bermotif batik. Namun, baju renang saat ini sudah banyak produsen yang mendesainnya dengan motif batik. Cocok sekali untuk anda para wanita muslimah yang cinta budaya atau cinta batik untuk menjadikan salah satu desain ini merupakan baju renang pilihan anda. Baju renang motif batik ini sudah banyak dijual di beberapa store dan online shop di banyak kota, misal Surabaya, Jakarta, Malang, Solo, Semarang, Tangerang.

Baju renang dengan motif batik ini juga tidak akan membuat and anorak atau berlebihan, karena biasanya desain batik ini tidak full pada bagian baju. Desain ini juga cocok untuk dipakai wanita muslimah dengan bentuk tubuh gemuk ataupun kurus. Kesan unik akan muncul pada saat anda mengenakan baju renang yang satu ini. Anda perlu beli, jika pribadi anda merupakan orang yang gemar mengumpulkan desain baju yang unik.

  1. Model Baju Renang Burqini

Merupakan model baju renang khusus untuk wanita muslimah, karena didesain dengan baju lengen panjang, tidak ketat dan sudah langsung berbalut dengan kerung untuk menutupi bagian rambut pada wanita yang termasuk aurat juga. Baju renang ini akhir-akhir ini menjadi booming semenjak para wanita hijab banyak yang ingin tetap tampil stylish namun tidak melanggar aturan islam.

Baju renang panjang untuk muslimah pada bagian penutup kepala ini bukan hanya sekadar ciput, ada juga produsen yang mendesain baju renang burqini lengkap dengan hijabnya yang panjang sehingga menutupi bagian dada. Kemudian ditambahkan hiasan pada bagian kepala agar tidak terkesan monoton. Meskipun semua serba panjang, namun produsen tetap memperhatikan kualitas bahan agar ringan dan nyaman digunakan pada saat berenang.

Memilih Baju Renang Muslimah Yang Sesuai Dengan Aturan Islam

Setelah anda sudah mengetahui tentang berbagai macam desain dan model baju renang yang cocok untuk wanita muslimah untuk tetap tampil stylish meskipun aurat tertutup. Dan selanjutnya ini akan dibahas mengenai beberapa ketentuan baju renang yang sesuai dengan aturan islam, namun tetap nyaman dan ringan digunakan. Simak beberapa uraian dibawah.

  1. Baju Renang Muslimah Yang Tidak Transparan

Ini merupakan hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih baju renang muslimah keren syar’i. Bahwasannya jika anda memilih baju renang, usahakan pilih yang bahannya tidak tembus pandang dan tidak menerawang hingga baju dalam anda terlihat. Ini merupakan ketentuan umat muslim yang harus di taati untuk semua model pakaian tak terkecuali pakaian renang. Maka dari itu ada baiknya anda coba terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

  1. Baju Renang Yang Tahan Dan Menyerap Air

Anda juga diharapkan memilih baju renang yang bahannya menyerap air. Jika tidak, maka nantinya anda akan merasa berat ketika berenang maupun seusai berenang. Sebaiknya pilih baju renang yang bahannya dari polyester atau spandek lycra. Jadi nantinya renang akan nyaman, dan tidak ada kendala.

  1. Menutup Semua Bagian Aurat Wanita

Seperti aturan yang tertera dalam islam, bahwasannya tutup semua auratmu kecuali yang nampah hanyalah telapak tangan serta wajah. Jadi untuk memilih model pakaian renang wanita muslim yaitu pilih yang berlengan panjang, serta celananya juga panjang. Jadi anda juga harus menutup bagian rambut, agar tidak terlihat oleh laki-laki yang bukan mahram.

  1. Pilih Celana Model Longgar Serta Berkaret Dibagian Pergelangan Kaki

Selain menghindari pemakaian legging , disarankan anda pilih celana untuk renang yang memiliki karet dibagian bawah. Seperti model celana jogger. Model yang seperti ini akan membuat anda nyaman pada saat berenang, tanpa takut celana menggulu ke bagian atas dan memperlihatkan bagian kaki yang juga merupakan aurat untuk wanita. Hal ini wajib diperhatikan.

  1. Baju Renang Muslimah Terbaru Lengkap Dengan Ciput Ninja Dan Turban

Untuk menutupi aurat bagian rambut, anda bisa menggunakan ciput ninja yang bisa menutupi sampai bagian leher anda, serta dipakaian turban untuk membuat anda tetap terkesan stylish sekalipun hanya berenang saja. Sebaiknya gunakan yang praktis, tidak ribet memakai pentul dan segala macam karena nantinya akan membatasi ruang anda berenang dengan terus memikirkan apakah jarum pentul terlepas atau tidak. Menggunakan ciput dan ninja ini di populerkan oleh designer ternama yaitu dian pelangi.

  1. Pilih Baju Renang Yang Tidak Membentuk Lekuk Tubuh

Penting untuk anda memilih baju renang muslimah tidak ketat, karena sudah jelas hal itu menyalahi aturan islam. Yang perlu anda ketahui adalah, lekuk tubuh merupakan bagian dari aurat yang harus ditutupi. Jadi jika ada yang menjual baju renang yang memperlihatkan lekuk tubuh anda, maka sebaiknya jangan dibeli. Karena masih banyak toko online shop dan di beberapa store yang menjual baju renang longgar yang memang benar dikhususkan untuk para wanita muslimah. Yaitu yang longgar dan tidak membentuk tubuh. Akan lebih baik jika model baju renangnya panjang sampai menutupi bagian paha. Anda bisa kreasikan sendiri bagaimana caranya supaya lekuk tubuh tidak terlihat.

  1. Elastis Dan Nyaman Dipakai

Walaupun judulnya baju renang wanita muslimah tetapi tetap saja nantinya digunakan untuk berenang. Jadi anda juga harus memperhatikan bahan untuk baju renang yang anda gunakan elastis dan nyaman dipakai sehingga ruang gerak untuk badan anda tidak akan terbatas dan bisa berolahraga dan bermain air dengan nyaman. Biasanya para produsen yang sudah terbiasa memproduksi baju renang mengetahui betul jenis bahan agar pada saat dipakai nyaman serta elastis yang tidak akan mengganggu gerak tubuh.

  1. Tidak Menggunakan Warna Dan Motif Yang Mencolok

Sama seperti pada ketentuan islam, segala sesuatu yang menarik perhatian kaum laki-laki akan berujung pada dosa. Hindari yang seperti itu dengan cara memilih warna dan motif yang tidak terlalu ramai sehingga terkesan mencolok. Pilih warna-warna soft seperti pink muda, coklat muda, abu-abu atau warna gelap malah akan terlihat lebih bagus, seperti warna hitam dan biru gelap. Untuk pemilihan motif sebaiknya pilih motif yang tidak penuh dengan memilih seperti motif bunga pada bagian depan saja, atau motif batik dan sebagainya asal jangan terlihat mencolok dan terkesam terlalu ramai. Atau anda bisa pilih motif polos atau bergaris saja itu lebih baik.

Mengenal Macam-Macam Bahan Yang Digunakan Untuk Baju Renang Muslimah

Yang selanjutnya, akan dibahas mengenai macam-macam bahan yang biasanya digunakan untuk membuat baju renang muslimah surabaya sehingga nyaman digunakan. Para produsen pembuat baju renang biasanya tidak akan memakai bahan yang sembarangan, karena ini berhubungan dengan keselamatan kostumer pada saat berenang. Jika salah memilih bahan, maka nantinya kostumer akan merasakan berat pada saat berenang. Maka dari itu, ada baiknya anda perlu tau apa saja bahan yang bagus dan berkualitas sehingga baju renang tersebut nyaman digunakan. Simak uraiannya dibawah.

  1. Bahan Nylon

Merupakan bahan yang umum digunakan untuk membuat baju renang muslimah. Tekstur dari bahan nylon ini ringan dan tahan akan air (jika menyerap air pun, akan sangat sedikit) sehingga membuat anda yang memakai baju renang dengan bahan nylon ini akan leluasa bergerak pada saat berenang serta tidak akan merasa berat. Yang kedua, bahan nylon ini juga berteksur lembut, elastis serta mudah kering.

Jadi harapan produsen jika menggunakan bahan nylon ini, kostumer tidak akan merasa gatal pada kulit karena tekstur nya yang lembut, elastis menjadikan kostumer tidak akan terbatasi geraknya pada saat berenang dan mudah kering. Jadi jika anda akan masuk angin pada saat selesai berenang dan tidak cepat-cepat ganti baju, karena bajuny akan cepat kering dengan sendirinya sekalipun itu tidak terkena sinar matahari.

  1. Bahan Licra

Baju renang yang kebanyakan dijual di toko baju renang online yang satu ini merupakan bahan yang banyak diminati kostumer pada saat memesan baju renang. Apalagi untuk kalangan wanita, biasanya pada saat memesan baju renang yang ditanyakan pertama kali adalah bahannya, desain dan modelnya akan dipertimbangkan akhiran. Bahan licra ini mempunyai teksture yang sangat lembut dan nyama jika digunakan, namun tergantung kualitas yang dipilihnya.

Ada kain licra berkualitas tinggi dan ada juga yang tidak. Yang perlu anda ketahui adalah, kain licra sebenarnya panggilan untuk bahan campuran antara serat spandek dan serat kain lainnya, kemudian muncullah nama kain licra. Dipercaya oleh beberapa kostumer bahwa baju renang yang satu ini mempunyai keawetan yang lebih dibandingkan jenis bahan yang lain.

  1. Bahan Neoprene

Biasanya pakaian berenang muslimah keren ini merupakan baju yang terbuat dari bahan yang lembut, elastis dan materialnya padat, persis seperti yang dipunyai kain neoprene. Mungkin untuk anda yang belum terbiasa berkecimpung didunia baju renang, tidak akan mengetahui jenis kain neoprene karena terdengar asing. Namun kain neoprene ini cukup terkenal dikalangan orang yang sering melakukan diving di tengah laut dan bermain bersama dengan ikan-ikan ataupun untuk kepentingan lainnya.

Kain neoprene ini terbuat dari plastic, namun lenturnya persis seperti karet. Materialnya padat dalam arti baju ini lumayan bera dan tebal sehingga bisa melindungi dingin dari aktivitas di dasar laut yang pastinya suhunya berbeda dengan permukaan perairan pantai. Merupakan pilihan kain yang tepat jika anda sering melakukan diving di suatu perairan.

  1. Baju Renang Muslimah Modern Dengan Kain Polyester

Kain yang biasa digunakan para produsen untuk membuat baju renang berkualitas adalah baju renang dengan kain polyester. Yang satu ini agaknya memang sedikit berbeda dengan kain nylon dan licra yang lembut dan elastis. Anda bisa bedakan bahwa baju renang yang terbuat dari kain polyester ini tidak selembut kain licra karena cenderung agak kasar dan tidak se elastis kain nylon yang seperti karet. Kelenturan saat memakain baju renang kain polyester agaknya sedikit terbatas.

Namun tetap saja ada kelebihan yang membuat adanya kain ini menjadi bahan yang selalu dicari produsen untuk dibuat baju renang perempuan muslimah yaitu, terjamin akan keawetannya. Tingkat keawetan baju renang menggunakan kain polyester lebih tinggi dibandingkan dengan baju renang kain lycra atau nylon. Bahkan untuk beberapa versi kain polyester yang diciptakan untuk melindungi kulit dari paparan sinal ultraviolet yang bisa membuat kulit terasa terbakar karena terlalu sering berenang.

  1. Bahan Campuran

Ada 2 macam bahan campuran yang biasa digunakan untuk membuat baju renang untuk para wanita muslimah, yakni serat PBT dan XLA. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kain Campuran Serat PBT

Merupakan singkatan dari Polybutylene Terephthalate yang menawarkan tingkat elastisitas yang tinggi, daya serap terhadap air rendah serta serat kain yang termasuk ke dalam golongan cepat kering. Walaupun jenis kain ini terbilang cukup baru untuk kalangan pengguna busana renang muslimah, namun namanya sudah cukup dikenal oleh beberapa produsen dan sudah dijadikan sebagai kain untuk menciptakan baju renang khsusus untuk atlet renang yang mengikuti kompetisi.

  • Kain Campuran Serat XLA

Merupakan kain tekstil yang menawarkan sejumlah kelebihan yang bisa anda nikmati. Baju renang yang terbuat dari kain campuran serat XLA ini atau yang lebih dikenal untuk diperdagangkan dengan nama Dow XLA Elastic Fiber ini tahan terhadap panas yang mencapai suhu 220 derat celcius, tahan akan zat kaporit selama 1000 jam yang bisa membuat warna baju anda tidak akan luntur, berdaya elastis tinggi serta cepat kering. Baju renang muslimah trendy yang menggunakan bahan XLA yang diproduksi oleh Dow Chemical ini sudah banyak ditemukan di berbagai store dan di banyak online shop ternama.

Harga Baju Renang Muslimah

Dan topic terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini yaitu, mengenai kisaran harga baju muslimah agar bisa menjadi patokan anda yang baru berencana ingin membeli baju renang dalam waktu dekat ini. Sebenarnya berbicara mengenai harga, sangat bervariasi dan bermacam-macam. Ada baju renang yang harganya murah mulai dari Rp100.000,- sampai yang berjuta-juta. Pastinya anda berpikir, apa yang membuat baju renang tersebut dijual dengan harga murah dan harga mahal.

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dan sebagai faktor penentu harga, baju renang tersebut murah atau mahal. Berikut pertimbangan yang dilakukan beberapa produsen sebelum menentukan harga pada produknya :

  1. Bahan

Yang membuat harga baju renang muslimah murah atau mahal yaitu tergantung dari bahan yang digunakan. Bisa dikatakan bahan adalah faktor utama produsen menentukan harga. Semakin mahal dan berkualitas bahan yang digunakan, maka semakin mahal harganya.

  1. Model Serta Motif

Ada beberapa designer yang menjual karya pikirannya untuk dinikmati dan disukai khalayak. Ada motif serta model unik yang menjadikan daya jual baju renang tersebut semakin mahal. Orang juga mempertimbangkan, semakin langka model serta motifnya, maka semakin tertarik konsumen membeli produk baju renang tersebut.

  1. Ukuran Serta Warna

Adalah hal terakhir yang bisa mempengaruhi harga jual baju renang. Semakin besar ukurannya akan semakin banyak memakan kain. Untuk warna pun begitu. Semakin banyak campuran warna yang digunakan dan menghasilkan warna baju renang yang unik dari pada yang lain, maka semakin tinggi juga harga jualnya.

Semua sudah dibahas tuntas mengenai pakaian renang muslimah. Sekadar tips bahwa jangan sembarangan memilih baju renang apalagi untuk wanita muslimah. Perhatikan dengan betul bahan serta bentuk baju renangnya. Semoga anda bisa mendapatkan baju renang yang sesuai dengan kriteria dan keinginan anda.

Artikel terkait :